Prodi

Pendidikan Bahasa Arab

DIBUKA SEJAK TAHUN 2013

SK IZIN PRODI
SK DIRJEN PENDIS NO. 779 TAHUN 2013

Profil
Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENDIRIAN
Berdiri sejak tahun 2013 dengan Nomor Pendirian SK Dirjen Pendis No 779 Tahun 2013

VISI
Menjadikan Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dan terdepan pada tahun 2030 di Jawa Barat dalam penyelenggaraan pendidikan dan tenaga pendidik dalam bidang Bahasa Arab yang berbasis Ke-Islaman.


MISI

  1. Menghasilkan sarjana muslim yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam persaingan global;
  2. Melakukan reintegrasi epistimologi keilmuan dalam bentuk umat yang tafaquh fi al-din;
  3. Memberikan landasan moral agama terhadap pengembangan budaya lokal, pengembangan iptek,  dan melakukan pembinaan serta pencerahan imtaq;
  4. Mengembangkan keilmuan melalui kegiatan penelitian;
  5. Melaksanakan dan menerapkan akhlak karimah di lingkungan keluarga STIT Al-Hidayah Tasikmalaya.

TUJUAN

  1. Terwujudnya penyelenggaraan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengab¬dian kepada masyarakat di bidang pengembangan ilmu-ilmu dengan berbasis ke-Islaman; 
  2. Terwujudnya lulusan yang unggul, kompetitif, profesional, keterampilan, kemandirian, dan berakhlak mulia dalam bidang ilmu pendidikan berbasis ke-Islaman 
  3. Terwujudnya lembaga pendidikan tinggi agama Islam yang mampu berperan aktif dalam  pembangunan sumber daya manusia di bidang ilmu-ilmu pendidikan berbasis ke-Islaman dalam skala lokal, nasional, dan global.

Mata Kuliah Profesi
  1. Qiraat
  2. Ilmu Nahwu.
  3. Ilmu Sharaf.
  4. Ilmu Balagah
  5. Imla dan Khat
  6. Al-Ta’bir al-Tahriri.
  7. Al-Ta’bir al-Syafahi.
  8. Ilmu Dilalah
  9. Metode Tarjamah
  10. Metode Pengajaran Bahasa Arab untuk Non Arab.
  11. Statistik Pendidikan
  12. Metode Penelitian Pendidikan.
  13. Metode Penelitian Bahasa.
  14. Psikologi Pendidikan
  15. Microteaching
  16. Fiqih dan Ushul Fiqih
  17. Ulumul Qur’an dan Hadits.
  18. Tahfidzh al-Qur’an
  19. Tafsir dan Hadits Tarbawi